" Hari ini Anda adalah orang yang sama dengan Anda di lima tahun mendatang, kecuali dua hal : orang-orang di sekeliling Anda dan buku-buku yang Anda baca..."

Sunday, February 28, 2010

Macetnya Pompa Kami (Tips Memperbaiki pompa air yang macet)

pompa1

Seperti biasa, pukul setengah 7 loper sudah melemparkan "kompas" ke depan pintu rumah saya. Tidak lama kemudian saya mengambil dan membaca dan membolak-balik halamannya sampai bosen. Lalu saya berencana untuk mandi, meski kuliah masih jam setengah 1 siang. Memang kondisi udara belakangan ini cukup panas, nggak siang nggak malem bikin gembrobyos dan kaos jadi cepet basah, badan cepet pliket. Saya pun menyambar handuk dan sikat gigi baru pepsodent menuju kamar mandi, kran dibuka..sorrr...surrr..tes
..tes.. Lho, banyune wis entek isuk2..sajaknya member keluarga saya yang berangkat pagi semangat banget mandinya. Saya menuju saklar pompa air dan menyalakannya hingga terdengar suara berisik khas pompa. Dua puluh menit..belum keluar..setengah jam..belum juga mancur airnya..satu jam..masih adem-ayem saja kran-kran di rumah saya...wah ngalamat iki..

naik ke tandon pake tangga


Benar, pompa air - jet pump Goldstar kami ternyata tidak mengantarkan air dari sumur ke tandon. What must we do?? Berdasarkan kursus singkat dari Bapak saya, yang pertama adalah jangan panik, memang bak mandi sudah asat-habis namun jangan buru-buru berlari dan membawa anduk ke rumah tetangga dan bilang "pak/bu..saya mau nunut mandi, air di rumah nggak mau ngalir.." dengan muka memelas dan 95% tetangga pasti akan kasihan dan mempersilahkan kita yang berkaus oblong, bercelana kolor, berkalung handuk dan membawa sikat gigi untuk mandi di rumahnya.

valve


Kedua, dengan catatan masih ada air di sumur...periksa tandon anda..dari pralon2-nya apakah ada kebocoran..apabila tidak ada masalah mulailah naik dan melongok tandon sembari menghidupkan pompa..apakah airnya mengalir sedikit atau tidak sama sekali. Air yang masih mengalir menandakan tidak ada masalah dengan pompanya, kemungkinan saluran air-nya perlu dicek kembali, dilihat lagi pengaturan katup2-nya lihat gambar "valve". Air yang tidak mengalir sama sekali berarti something wrong di pompa airnya.

pompa2 check valve


Ketiga, bila air tidak mengalir sama sekali..maka mesin pompa air perlu dilihat...buka penutup luarnya
seperti terlihat di dalam gambar "pompa 1" kebetulan di rumah kami jenisnya adalah pompa sumur dalam (jet pump) merk Goldstar. Setelah penutup luar dibuka kemudian cobalah untuk membuka check valve seperti terlihat pada gambar "pompa 2". Setelah dibuka dan air tidak muncrat, berarti yang harus dilakukan adalah "memancing" supaya airnya keluar yaitu dengan mengisi valve tadi dengan air sampe penuh.

Menyadari bahwa kemungkinan pompa kami perlu dipancing, maka saya pun mengambil selang dan berlari ke rumah tetangga sebelah untuk mengalirkan air dari kran-nya ke rumah. Karena selangnya nggak cukup panjang, jadi saya dan ibu saya mengambil ember-ember untuk menampung air dan manually dengan ceret saya mengucurkan air ke check valve pompa, banyaknya air yang dibutuhkan tergantung dari panjang pralon ke permukaan air sumur. Total kami menghabiskan 5 ember ukuran sedang. Prosesnya cukup melelahkan dan membuat keringat bercucuran...plus ketika membuka pompa ternyata saya telah menghancurkan sebuah rumah tikus, dan tikus pun berlarian kesana-
kemari karena saya mengejarnya dengan bendo.

bendo
berantakan di sekitar pompa


Sekira 45 menit kemudian, air pancingan sudah penuh dan valve ditutup kembali, pompa kembali dihidupkan dan Voila !! air mengalir sampai jauh...sungguh indah mendengar suara gemericiknya setelah sebelumnya sudah membayangkan mandi di rumah tetangga....Alhamdulillah.
.

akhirnya...


Demikian laporan kejadian pagi ini di rumah kami, informasi lebih lengkap mengenai pompa air bisa kesini :
http://artesis.wordpress.com/2007/09/06/tanya-jawab-seputar-permasalahan-pompa-air/

BKW

17 comments:

  1. Kapan-kapan kalau Anda sudah menyerah dengan energi tak terbarukan, barangkali membuat pompa tali adalah jalan keluarnya ..

    Mau coba? Saya sudah mencoba di Yogyakarta: Pompa Tali di Kotagede, Yogyakarta

    ReplyDelete
  2. You could easily be making money online in the undercover world of [URL=http://www.www.blackhatmoneymaker.com]blackhat forum[/URL], You are far from alone if you don't know what blackhat is. Blackhat marketing uses alternative or little-understood avenues to build an income online.

    ReplyDelete
  3. Menolong... juga

    ReplyDelete
  4. Mantab Boz,thanks infonya...

    ReplyDelete
  5. makasih informasinya kebeneran di rumah, saya punya masalah seputar pompa .akan saya coba

    ReplyDelete
  6. mas,, iku nek pompanya masih idup ( tinggal dipancing)... nah klo pompanya matek tek... piye...

    ReplyDelete
  7. mas saya punya masalah nih, memang sih setelah dipancing saat itu juga bisa langsung naik tuh air..sampe tandon penuh ga ada masalah..akan tetapi tiap kali nanti air tandon habis karena dipake buat kebutuhan sehari-hari...dan harus nyalain pompa lagi ..eh ga bisa lagi...harus memancing lagi...begitu seterusnya...masa iya sih tiap kali nyalain pompa harus memancing terus...kan cape mas..hehehe..kira-kira permasalahannya ada dimana ya mas?..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Habib, itu karena bagian klepnya rusak, sehingga air pada pipa bagian masuk, keluar lagi setelah pompanya mati.

      Delete
    2. Pak Hasan,,klep (check valvenya) dibagian bawah pipa isap atau dipompanya ya..tks

      Delete
  8. gemana ea pompa air di rmh aq ko, air nya ga mau naek pdahl mesin nya idup/,

    ReplyDelete
  9. pak mesin shimizu saya sering ngadat setelah brjaalan 20atau25menit. mati hidup mati hidup trus knapa?

    ReplyDelete
  10. Pak klo jet pump saya, setiap air dinyalain trus otomatisnya nyala trus mesin hidup ....nah klo mesin hidup airnya malah makin lama makin abis , trus klo abis minta dipancing lagi.....knapa mesin nyala malah ga narik air?? Mohon jawabannya

    ReplyDelete
  11. Pak klo jet pump saya, setiap air dinyalain trus otomatisnya nyala trus mesin hidup ....nah klo mesin hidup airnya malah makin lama makin abis , trus klo abis minta dipancing lagi.....knapa mesin nyala malah ga narik air?? Mohon jawabannya

    ReplyDelete
  12. Pak klo jet pump saya, setiap air dinyalain trus otomatisnya nyala trus mesin hidup ....nah klo mesin hidup airnya malah makin lama makin abis , trus klo abis minta dipancing lagi.....knapa mesin nyala malah ga narik air?? Mohon jawabannya

    ReplyDelete
  13. Maturnuwun....Jetpumpku lagi ada maslahnih...kalau mau hidupin harus dipancing terus...capek deh..terus piye...?apa harus diganti klepnya atau gimana...? info dari tukang bornya katanya suruh beli daff (tulisannya salah kagak ya..?)

    ReplyDelete
  14. maaf numpang tanya...sy noni dr sorong,papua, yg mau sy tanyakan mengenai mesin pompa sanyo..kok akhir2 ini mesin pompanya tdk bekerja smaksimal sperti biasanya lagi...agak pelan skali...apa penyebabnya..apakah karena bnyk lumut atau....?? mohon dibalas...

    ReplyDelete

komentar disini bro!